Berita

DISDUKCAPIL RAIH SERTIFIKAT ISO

DISDUKCAPIL RAIH SERTIFIKAT ISO

TENGGARONG - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutai Kartanegara (Kukar) dipastikan memperoleh Sertifikat ISO 9001: 2008 dari badan sertifikasi dunia European Quality Assurance (EQA).  Kepastian itu disampaikan Ivar Kusradi selaku auditor  badan sertifikasi manajemen mutu yang bermakas di Inggris saat melaporkan hasil audit eksternal yang dilakukannya selama dua  hari 23 hingga 24 Maret lalu.

" Karena audit yang saya lakukan tidak menemukan hasil Major dan hanya menemukan  tiga hasil  minor serta 9 observasi, maka saya rekomendasikan bahwa Disdukcapil Kukar berhak memperoleh Sertifikat ISO 9001 versi 2008 " ucap Ivar Kusradi yang disambut suka cita dan tepuk tangan pegawai Disadukcapil yang hadir saat pengumuman itu disampaikan.

Menurut Ivar, Disdukcapil Kukar sangat layak diberikan sertifikat  ISO karena sistem manajemen yang telah diterapkan sudah berjalan dengan baik sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada. Selain dari aspek manajemen tadi  juga adanya semangat dan kemauan yang besar seluruh pegawai agar pelayanan kepada warga semakin baik, mudah, lebih cepat  dan memuaskan.

Sertifikat ISO itu lanjut Ivar akan dikirimkan ke Kukar April mendatang dan sertifikat ini masa berlakunya selama tiga tahun. Kemudian tiap akhir tahun akan dilakukan  audit berkala untuk melihat sejauh mana perkembangan penerapan manajemen mutu ISO ini dilakukan apakah ada terjadi peningkatan, stagnan atau mengalami penurunan dalam pelayanan kepada masyarakat.

" Kami berharap agar kualitas pelayanan kepada warga terus tetap terjaga, masyarakat merasa puas atas pelayanan yang diberikan. Jangan sampai hanya semangat diawalnya saja setelah itu semangat mengalami penurunan  dan loyo " pinta lelaki yang kaya pengalaman bidang audit manajemen mutu ini.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Drs.Getsmani Zeth MM  merasa bahagia dan bangga atas di rekomendasikannya Disdukcapil memperoleh serifikat ISO dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pihak yang telah bekerja keras tak kenal lelah.

" Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah berperan aktif dan telah berkomitmen untuk meraih ISO ini. Secara khusus saya  menyampaikan ucapan terima kasih kepada pak Iman Mujib Ahmad selaku konsultan dari PT Bahana Cerdas Hati Jakarta .Juga terima kasih yang tak terhingga kepada badan sertifikasi EQA " ucap Getsmani dengan mata berkaca.

Sekadar diketahui kegiatan pendampingan yang dilakukan pihak konsultan dalam penerapan sistem manajemen mutu ISO ini berlangsung selama 6 bulan dimulai awal Oktober 2014 lalu. Berhasil diterbitkan  43 SOP untuk 4 bidang dan ditambah Sekretariat . Selain SOP berhasil pula ditetapkan 10 butir sasaran mutu diantaranya pencapaian kepuasan pelanggan  95 %,  tanggapan keluhan pelanggan selama kerja , 40 Perjanjian Kerjasama, serapan anggaran 100 % dan lain-lain.

## hasis/admin

There are no comments

Posting comments after three months has been disabled.