Tupoksi Kepala Seksi

KEPALA SEKSI NIK, KK DAN KTP

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan Seksi Administrasi NIK, KK dan KTP;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Administrasi NIK, KK dan KTP;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok urusan Administrasi NIK, KK dan KTP sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Administrasi NIK, KK dan KTP yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
  6. Menyiapkan bahan perumusan kebijakan operasional dibidang Pendaftaran Penduduk, yang meliputi urusan bidang ; Administrasi NIK, KK, KTP;
  7. Meneliti persyaratan menerbitkan NIK bagi pemohon yang memenuhi syarat;
  8. Mengusulkan pengadaan dan memfasilitasi pengelolaan blangko NIK berdasarkan kebutuhan;
  9. Mengusulkan pengadaan dan memfasilitasi pengelolaan Blangko KK, KTP berdasarkan kebutuhan;
  10. Melaksanakan pelayanan pendaftaran penduduk dalam system administrasi kependudukan;
  11. Melaksanakan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

KEPALA SEKSI PENDAFTARAN MUTASI PENDUDUK

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan Seksi Pendaftaran Mutasi Penduduk;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Pendaftaran Mutasi Penduduk;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok urusan Pendaftaran Mutasi Penduduk sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada Kepala Bidang Pendaftaran Mutasi Penduduk;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Pendaftaran Mutasi Penduduk yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk dalam sistem administrasi kependudukan;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi Pencatatan dan pemutakhiran data penduduk;
  7. Menyiapkan bahan administrasi pendaftaran, perubahan alamat, penduduk yang pindah dan datang dalam wilayah Republik Indonesia;
  8. Menyiapkan bahan koordinasi dan memfasilitasi pendaftaran warga negara Indonesia yang tinggal sementara, pindah dan datang Antarnegara;
  9. Menyiapkan bahan koordinasi dan memfasilitasi pendaftaran penduduk yang tinggal di perbatasan antarnegara dan penduduk yang rentan administrasi kependudukan;
  10. Menyiapkan bahan administrasi pemutakhiran data kependudukan hasil pendataan penduduk;
  11. Menyiapkan bahan monitoring, evaluasi dan melaporkan penyelenggaraan pendaftaran mutasi penduduk;
  12. Melaksanakan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

KEPALA SEKSI ADMINISTRASI PENCATATAN PERKAWINAN, PERCERAIAN, KELAHIRAN DAN KEMATIAN 

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan Seksi Administrasi Pencatatan Perkawinan,Perceraian, Kelahiran dan Kematian;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang Pencatatan Sipil tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Administrasi Pencatatan Perkawinan, Perceraian, Kelahiran dan Kematian;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok urusan Administrasi Pencatatan Perkawinan, Perceraian,Kelahiran dan Kematian sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada Kepala Bidang Pencatatan Sipil;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Administrasi Pencatatan Perkawinan, Perceraian, Kelahiran dan Kematian yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan bahan dan melaksanakan Pengadaan Blangko serta memfasilitasi pembuatan Akta Perkawinan/ Akta Nikah, Akta Perceraian, Akta Kelahiran, Akta Kematian;
  6. Menyiapkan bahan penyusunan laporan bulanan jumlah Pencatatan Akta Perkawinan/ Akta Nikah, Akta Perceraian, Akta Kelahiran, dan Akta Kematian;
  7. Menyiapkan bahan pelaksanaan Pencatatan Perkawinan Warga Negara Indonesia non muslim;
  8. Menyiapkan bahan pelaksanaan Pencatatan Perceraian Warga Negara Indonesia non muslim;
  9. Melaksanakan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

KEPALA SEKSI ADMINISTRASI PENCATATAN STATUS ANAK DAN KEWARGANEGARAAN

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan Seksi Administrasi Pencatatan Status Anak dan Kewarganegaraan;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang Pencatatan Sipil tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Administrasi Pencatatan Status Anak dan Kewarganegaraan;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok urusan Administrasi Pencatatan Status Anak dan Kewarganegaraan sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada Kepala Bidang Pencatatan Sipil;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Administrasi Pencatatan Status Anak dan Kewarganegaraan yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan bahan untuk Pengadaan Blangko Akta Pengesahan dan Pengakuan Anak, Akta Alih Status Kewarganegaraan dan Akta ganti Nama;
  6. Meneliti persyaratan permohonan Pembuatan Akta Pengesahan dan pengakuan Anak;
  7. Menyiapkan bahan dan melaksanakan Pembuatan Akta Pengesahan dan pengakuan Anak, Akta Alih Status Kewarganegaraan dan Akta ganti Nama;
  8. Melaksanakan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

KEPALA SEKSI BANK DATA ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan Seksi Bank Data Administrasi Kependudukan;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Bank Data Administrasi Kependudukan yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan bahan pengadaan dan pemeliharaan perangkat keras jaringan komunikasi data dari kabupaten hingga Kecamatan, kelurahan dan desa;
  6. Menyiapkan bahan pengadaan dan pemeliharaan bank data dan replika data kependudukan di kabupaten;
  7. Melaksanakan Pembangunan tempat perekaman Data Kependudukan di Kecamatan;
  8. Menyiapkan bahan administrasi pemutakhiran data penduduk dengan menggunakan sistem informasi administrasi kependudukan;
  9. Menyiapkan bahan penerapan sistem perlindungan data pribadi penduduk sejak proses pendaftaran hingga penyimpanan pada Bank Data Kependudukan di kabupaten;
  10. Melaksankan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

KEPALA SEKSI INFORMASI DAN DISEMINASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan staf Seksi Informasi dan Diseminasi Administrasi Kependudukan;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Informasi dan Diseminasi Administrasi Kependudukan;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok Pengelolaan Informasi dan Diseminasi Administrasi Kependudukan sebagai bahan pertanggungjawaban kepada Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Informasi dan Diseminasi Administrasi Kependudukan yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan data dan bahan penyampaian sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
  6. Menyiapkan bahan penetapan kebijakan Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan;
  7. Menyiapkan bahan koordinasi Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dengan instansi terkait;
  8. Menyiapkan bahan penyajian dan diseminasi (penyebaran) informasi penduduk
  9. Menyiapkan bahan dan melaksanakan kegiatan sosialisasi tentang pentingnya Pencatatan Administrasi Kependudukan;
  10. Menyiapkan bahan dan melaksanakan kegiatan bimbingan teknis tentang prosedur pengadministrasian kependudukan di Kecamatan;
  11. Menyiapkan bahan administrasi pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
  12. Melaksankan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan;

KEPALA SEKSI ANALISIS PERKEMBANGAN KEPENDUDUKAN

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan Seksi Analisis Perkembangan Penduduk;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang Perkembangan dan Perencanaan Kependudukan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Analisis Perkembangan Penduduk;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok Analisis Perkembangan Penduduk sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada Kepala Bidang Perkembangan dan Perencanaan Kependudukan;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Analisis Perkembangan Penduduk yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi penetapan kebijakan perkembangan kependudukan;
  6. menyiapkan bahan koordinasi penetapan norma, standar, prosedur, dan kriteria penyelenggaraan pengendalian kuantitas, pengembangan kwalitas, pengarahan mobilitas dan persebaranpenduduk serta perlindungan penduduk;
  7. menyiapkan bahan koordinasi pelaksanaan kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas/ penataan persebaran penduduk, perlindungan penduduk dalam konteks pembangunan berwawasan kependudukan;
  8. Membuat dan menyajikan hasil analisis Perkembangan Kependudukan sebagai bahan perencanaan pembangunan kependudukan;
  9. Menyiapkan bahan koordinasi untuk kerjasama antar daerah dalam pelaksanaan kebijakan pengendalian kuantitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk, pengarahanmobilitas/penataan persebaran penduduk, perlindungan penduduk serta pembangunan berwawasan kependudukan;
  10. Menyiapkan bahan laporan pelaksanaan pengendalian kuantitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk, pengarahan mobilitas /penataan persebaran penduduk dan perlindungan penduduk dalam konteks pembangunan berwawasan kependudukan;
  11. Melaksankan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.

KEPALA SEKSI PERENCANAAN KEPENDUDUKAN

  1. Memimpin, merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengendalikan dan mengawasi kegiatan Seksi Perencanaan Kependudukan;
  2. Memberikan saran dan masukan kepada Kepala Bidang Perkembangan dan Perencanaan Kependudukan tentang langkah-langkah yang perlu diambil dalam urusan Perencanaan Kependudukan;
  3. Melaporkan pelaksanaan kegiatan pokok Perencanaan Kependudukan sebagai bahan informasi dan pertanggung jawaban kepada Kepala Bidang Perkembangan dan Perencanaan Kependudukan;
  4. Mengkonsultasikan kegiatan Seksi Perencanaan Kependudukan yang bersifat urgen kepada Kepala Bidang;
  5. Menyiapkan bahan koordinasi penetapan kebijakan perencanaan kependudukan ;
  6. Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan penyerasian dan harmonisasi kebijakan kependudukan antar dan dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah pada ;
  7. Menyiapkan bahan koordinasi penyelenggaraan kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan dalam rangka tertib administrasi kependudukan;
  8. Menyiapkan bahan koordinasi penetapan indikator kependudukan, proyeksi penduduk, dan analisis dampak kependudukan;
  9. Menyiapkan bahan koordinasi dan mensosialisasikan hasil penyusunan indikator, proyeksi, dan analisis dampak kependudukan serta kebijakan kependudukan;
  10. Menyiapkan bahan evaluasi dan laporan kinerja pembangunan kependudukan secara berkala;
  11. Menyiapkan bahan koordinasi pendayagunaan informasi atas indikator kependudukan dan analisis dampak kependudukan untuk perencanaan pembangunan berbasis Kependudukan;
  12. Menyiapkan bahan pengawasan indikator kependudukan, proyeksi penduduk dan analisis dampak kependudukan, serta penyerasian kebijakan kependudukan;
  13. Menyiapkan bahan monitoring, evaluasi, dan pelaporan   indikator kependudukan, proyeksi penduduk dan analisis dampak kependudukan, serta penyerasian kebijakan kependudukan;
  14. Melaksanakan dan melaporkan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan.